PELIHARALAH PERUTMU….

Rasulullah berpesandalam sabdanya, ”Hal-hal yang paling aku khawatirkan melanda umatku ialah besar perut, banyak tidur, pemalas, dan lemah keyakinan.” (HR Daruquthni dari Jabir).

 

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang besar perut, artinya memenuhi perutnya dengan makanan walaupun itu halal dan thoyyib, tapi ketika sdh berlebihan itu bisa mendatangkan penyakit.

Taukah kita sobat kalau perut itu punya ambang batas? dan juga butuh istirahat. Setiap kali kita memasukkan makanan berarti kita menuntut organ-organ cerna kita untuk bekerja, semakin sering kita makan maka berarti semakin sering kita memaksa organ-organ disaluran cerna untuk bekerja. Ibarat mobil kl sering2 dipake tanpa rehat pasti lebih cepat rusaknya bukan? Begitu pulalah organ saluran cerna kita.

So…

makan yang teratur tepat pada waktunya adalah kunci sehat pertama.

Saat2 kita menjelang makan secara sunnatullahnya tubuh kita dipersiapkan untuk menyambut makanan yaitu dengan cara memproduksi asam lambung dan enzym2 pencernaan juga mulai dipersiapkan oleh pankreas.

Seandainya kita tidak punya jadwal yang teratur maka kacaulah kerja pankreas dan produksi asam lambung tadi.

Misal seseorang yang telat makan, sebelumnya asam lambung sdh diproduksi menurut jadwal biasanya, ketika ia menunda makan maka asam tadi akan semakin meningkat produksinya dan dia bisa menyebabkan iritasi lambung. Ketika proses ini terjadi terus menerus maka lambung akan teriritasi dan epitelnya akan mengalami kerusakan.

Yang kedua adalah makan secukupnya, sebatas menegakkan tulang punggung kita.

Jgn berlebihan dlm mengkonsumsi makanan. Misal ketika kita mengkonsumsi banyak makanan dengan karbohidrat tinggi maka ini nanti akan menjadi glukosa dan dengan adanya glukosa ini kita meransang pankreas untuk menghasilkan insulin dan ketika terlalu banyak maka pankreas akan mengalami keletihan dan lambat laun kondisi ini akan memicu kejadian diabetes Mellitus

Yang ketiga perbanyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah membantu kita dlm mencukupi mineral dan vitamin tubuh serta yang tak kalah penting adalah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Bagi kita-kita yang suka cemilan alangkah lebih baik kalau cemilannya diganti sama buah ajha deh jgn sama gorengan.

Mungkin 3 ini saja dulu khusus untu perut kita, dan terakhir jangan terlalu banyak konsumsi lemak.ntar gendut….dan gendut itu sering dekat dengan kondisi yang tidak sehat..

Sekian dan jangan lupa olahraga

Iklan

3 responses to “PELIHARALAH PERUTMU….

  1. Okey dech B’ Dokter,,,, tapi nampaknya agak bareklah t’ menjalankannya….. He…

  2. buuuuk., salero ko…. yang tidak bisa ditahan
    gimana caranyaa buat makan sehat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s