Sehat dengan keseimbangan

Sejenak mari kita perhatikan gambar disebelah…

Sangat tidak seimbang..

Allah SWT menciptakan keseimbangan di Alam ini sehingga ia bisa berjalan teratur tanpa kekacauan. Hal ini berkaitan juga dengan tidak bolehnya kita berlebihan sebagaimana dikatakan” khairul umuri aushatuha” ,”sebaik-baik perkara itu adalah yang pertengahan”.
Begitupulalah halnya dengan tubuh kita, Tubuh ini harus tetep berada dalam kondisi yang seimbang agar ia bisa bekerja dengan semestinya.
Menyeimbangkan beberapa hal dari kehidupan kita dapat menghantarkan kita pada kestabilan sistem organ yang kita milik.
Berikut dua diantara banyak hal yang harus kita jaga keseimbangannya kalau kita ingin sehat:
– Tidur
Tidur itu sesuatu yang mubah atau dibolehkan dan dia bisa menjadi ibadah kalau diniatkan karena Allah. Orang yang cukup tidur maka akan awet muda dan badannya akan sehat. Kalau tidurnya kurang maka berarti kita mengurangi jatah tubuh untuk melakukan revitalisasi terhadap sel-selnya. Hal lain juga akan terjadi kalau waktu tidur kita berlebih maka akan menurunkan potensi kita melawan serangan virus sehingga lebih gampang terkena penyakit (Hasil penelitian di Prancis)
– Makan
Sangat perlu bagi kita menyeimbangkan menu yang akan kita makan, keseimbangan makan-makan yang zatnya dingin dengan yang panas, dimana panas dinginnya bkn dilihat dr suhu makanan melainkan sifat makanan.
Selain itu juga perlu adanya kefahaman makan secukupnya tidak kurang dan tidak berlebihan.
Kekurangan makanan akan menyebabkan sel-sel tidak mendapatkan nutrisi dan kelamaan akan mati sehingga akan melemahkan tubuh.
Namun jika kita berlebihan dalam makanan ini juga bisa menyebabkan gangguan siklus sistem pencernaan yang akhirnya menimbulkan kerusakan dalam taraf lanjut, ibarat mesin yang dipake terus tanpa istirahat.
Wallahualam bish-showab(dokterdai)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s