Inisiasi menyusui Dini

anak adalah anugerah terindah yang dititipkan Allah pada Kita, jadi jaga dan peliharalah mereka. Salah satu cara kita adalah lewat IMD. Program ini tidak butuh biaya besar tapi bisa memberikan sesuatu yang besar bagi bangsa dan negara ini.

Inisiasi Menyusui Dini adalah pemberian ASI sesegera mungkin sesaat setelah bayi lahir. istilah ini sebenarnya sudah cukup lama namun belum mendapat perhatian yang maksimal dari kita semua.

Saat IMD ini  merupakan momen penting bagi bayi dan ibu. saat inilah bayi akan melakukan kontak awal yang cukup lama dengan sang ibu.

Skin to skin yang dirasakan bayi ketika proses IMD akan menambah kedekatan yang erat antar bayi dan Ibu, selain itu juga bisa menjadi termoregulator alami untuk suhu tubuh sang bayi.

IMD dilakukan segera setelah bayi lahir tanpa dimandikan terlebih dahulu, sebelum IMD bayi dilap saja kecuali bagian tangannya, hal ini bertujuan agar aroma yang ditangan bayi itu bisa dicium oleh bayi dan dijadikan petunjuk arah untuk perjalanan sang bayi menuju areola (puting, red).

Setelah dilap sedikit tadi bayi ditelungkupkan diatas perut ibu dan dibiarkan saja berusaha untuk mencari sendiri areola ibu.

Biasanya saat2 ini adalah saat penuh ujian bagi Ibu, sangat banyak ibu yang akhirnya memutuskan untuk memberhentikan IMD saat ini karena tidak tahan melihat anaknya menangis, kesulitan mencari areolanya, dan tak jarang juga yang tak tega dan akhirnya mendekatkan anaknya langsun  ke areola dan memasukkan areola langsung ke mulut sang bayi. Seharusnya tidak demikian. biarkan saja bayi mencari sendiri.

Aktifitas bayi yang mencari sendiri areola tadi akan merangsang kaki dan tangannya untuk lebih aktif dan ini baik untuk fungsi pergerakannya.

Tak harus cemas jika dalam waktu 20 menit anak anda belum juga mendapatkan puting dan terus menangis. Biasanya 30-40 menit pertama bayi akan diam saja diatas perut anda, sampai muncul refleks hisapnya dan baru kemudian ia mulai mencari2 dan memainkaqn mulutnya…

Setelah berhasil bayi mencapai puting biarkan bayi menempel pada payudara anda minimal 60 menit.

Semoga sukse, dan IMD ini hak anda, minta bantuan pada bidan dan dokter kandungan anda untuk menuntun anda sukses melaksanakan IMD. Sebelum persalinan tanyakan dulu apakah disini memberikan pelayanan partus dengan IMD???

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s